Laman

Minggu, 27 Maret 2011

2. Perbedaan Wiraswasta Dan Wirausaha

2.1.  Pengertian Wiraswasta.
Menurut etnologisnya : Wira = manusia unggul, teladan, berbudi luhur, berjiwa besar, berani, pahlawan/ pendekar kemajuan yang memiliki watak agung. Swa =  sendiri. Ta = berdiri  Jadi Wiraswasta = keberanian, keutamaan serta keperkasaan dalam  memenuhi kebutuhan serta memecahkan persoalan hidup dengan kekuatan yang ada pada diri sendiri (Wasty Soemanto, 1984: 43)
Swasta menurut Kamus Webster, 1967; swasta dari kata private sabenarnya mencakup pengertian segala sesuatu yang berhubungan dengan masalah khusus perseorangan atau grup atau juga dapat berarti segala sesuatu yang bersifat tidak terbuka untuk umum atau tidak diawasi secara langsung oleh pemerintah..

Menurut Daoed Yoesoef (1981:78)
Wiraswasta adalah memimpin usaha, baik secara teknis dan/atau ekonomis dengan aspek fungsional seperti: memiliki, mengurus, menerima tantangan ketidak pastian, mempe-lopori usaha baru, penemu (innovator) ataupun peniru (imitator); dengan cara memburu keuntungan dan manfaat secara maksimal serta membawa usaha ke arah kemajuan, perluasan, perkembangan, melalui jalan kepemimpinan ekonomi demi kenaikan prestise, kebebasan, kekuasaan dan kehormatan serta kontinuitas usaha.
Haryati Subadio. Wiraswasta adalah manusia teladan yang berbudi luhur yaitu manusia yang mampu berdiri atas kemampuan sendiri, tidak saja dalam sektor swasta tapi juga dalam sektor Negara
Sudjoko. Wiraswasta adalah mereka yang memiliki dan masih memiliki nilai- nilai manusia perintis, pelopor, pejuang kemerdekaan, pejuang kemajuan.
Suharsono Sagir. Wiraswasta adalah seorang yang  modal utamanya  ketekunan yang dilandasi sikap optimis, kreatif dan melakukan usaha sebagai pendiri pertama disertai  dengan keberanian menanggung resiko berdasarkan suatu perhitungan dan perencanaan yang tepat.
Fadel Muhammad. Wiraswasta adalah orang yang memfokuskan diri pada peluang bukan pada resiko.
Djatmiko. Wiraswasta adalah kreativitas dan sikap tindak manusia yang mampu mengkoordinir sumber alam, tenaga, manusia dan perala-tannya menjadi benda-benda dan jasa-jasa ekonomi.
Soesarsono Wijandi. Wiraswasta bukanlah teladan dalam usaha partikelir (Swasta), melainkan adalah sifat-sifat  keberanian, keutamaan, keteladanan dan semangat yang bersumber dari kekuatan sendiri, dari seorang pendekar kemajuan, baik dalam kekaryaan pemerintahan maupuin dalam kegiatan apa saja di luar pemerintahan dalam arti yang menjadi pangkal keberhasilan sese-orang.
Buchari Alama. Wiraswasta adalah seseorang yang memiliki pribadi hebat, produktif, kratif melaksanakan kegia-tan perencanaan bermula dari ide sendiri, kemudian mengembangkan kegiatannya dengan menggunakan tenaga orang lain dan selalu berpegang pada nilai-nilai disiplin dan kejujuran yang tinggi
Jadi gambaran Manusia Wiraswasta adalah orang yang dalam keadaan bagaimana daruruatnya, tetap mampu berdiri atas kemapuan sendiri untuk menolong dirinya keluar dari kesulitan yang dihadapinya, termasuk mengatasi kemiskinan tanpa bantuan instansi pemerintah atau instansi sosial. Dan dalam keadaan yang biasa  (tidak darurat) manusia-manusia wira-swasta bahkan akan mampu menjadikan dirinya maju, kaya, berhasil, lahir dan batin.
2.2. Berapa Macam Tipe Pokok Wiraswasta.
Dipandang dari sudut fungsinya Wiraswasta dibedakan lima tipe pokok:
  1. Wiraswasta sebagai orang vak. “Captain of industri” berfungsi sebagai ahli tehnik yang berprestasi, mengadakan penemuan ataupun peniruan, dalam wujud mutu.
  2. Wiraswasta sebagai orang bisnis, selalu menganalisa kebutuhan selera masyrakat.
  3. Wiraswasta sebagai orang uang, biasanya bergerak di pasaran uang dan modal
  4. Wiraswasta sebagai social engineer, mengikat pekerja-annya melalui berbagai karya sosial
  5. Wiraswasta sebagai manajer, yang memajukan usahanya dengan menggunakan penge-tahuan-pengetahuan bisnis modern dan memperhitungkan efisiensi.

Menurut penelitian Charles Schriciber, keberhasilan seseorang 15% ditentukan pendidikan formalnya sedangkan sisanya (85%) ditentukan oleh sikap mental atau kepribadiannya.

2.3. Pengertian Wirausaha
Wirausaha dari kata entrepreneur (bahasa Perancis) yang artinya between taker atau go-between yang artinya perantara kemudian dalam abad pertengahan berarti  seorang aktor atau orang yang bertanggung jawab dalam proyek produksi besar.
Joseph Schumpeter, Entrepreneur as the  person who destroys the existing economic order by introducing new products and services, by creating new forms of organization or by exploiting new raw materials (Bygrave, 1994:l) Wirausaha adalah orang yang mendobrak sistim ekonomi yang ada dengan memperkenalkan barang dan jasa yang baru, dengan menciptakan bentuk organisasi baru atau mengolah bahan baku baru.

Definisi yang lebih luasEntrepreneur is the person who prerceives an opportunity and creates an organisasion to pursue it (Bygrave, 1994:2). Wirausaha adalah orang yang melihat adanya peluang kemudian menciptakan sebuah organisasi untuk memanfaatkan peluang tersebut
Disini seorang entrepreneur tidak selalu pedagang (businessman) atau seorang manager, ia adalah orang yang unik yang pembawaannya pengambil resiko dan yang memperkenalkan produk-produk innovative dan teknologi baru kedalam perekonomian

Jose Carlos Jarillo – Mossi, Kewirausahaan sebagai seorang yang merasakan adanya peluang, mengejar peluang-peluang yang seusai dengan situasi dirinya, dan yang percaya bahwa kesuksesan merupakan suatu hal yang bisa dicapai.

H. Leibenstein mendifinisikan Entrepreneur sebagai seorang atau sekelompok individu yang memiliki karakteristik, mampu menggandengkan peluang-peluang menjadi pasar, mampu memperbaiki kelemahan pasar, bisa menjadi seorang input complementer, dapat menciptakan atau memperluas time bending dan input transforming entitities.

Horward H. Stevenson, Kewira-usahaan merupakan suatu pola tingkah laku manejerial terpadu dimana merupakan upaya pemanfaatan peluang-peluang yang tersedia tanpa mengabaikan sumber daya yang dimilikinya.

Hisrich- Peters, Entrepreneurship is the process of creating something different with value by devoting the necessary time and effort, assuming the accompanying financial psychis, and social risk, and receiving the resulting rewards of monetary and personal satisfaction and independence. Kewirausahaan adalah proses menciptakan sesuatu yang lain dengan menggunakan waktu dan kegiatan disertai modal dan resiko serta menerima balas jasa dan kepuasan serta kebebasan pribadi..
Wirausaha menurut ahli ekonomi adalah orang yang mengkombinasikan resources, tenaga kerja, material dan peralatan lainnya untuk meningkatkan nilai yang lebih tinggi dari sebelumnya, dan juga orang yang memperkenalkan perubahan-perubahan, inovasi dan perbaikan produksi lainnya
Wirausaha menurut ahli psykologi adalah orang yang memiliki dorongan kekuatan dari dalam untuk memperoleh sesuatu tujuan . suka mengadakan eksperimen atau untuk menampilkan kebebasan dirinya diluar kekuasaan orang lain.
Wirausaha menurut ahli businessman adalah merupakan ancaman pesaing baru atau juga bisa seorang patner, pemasok, konsumen atau seorang yang bisa diajak kerja sama,
Wirausaha menurut pemodal adalah seorang yang menciptakan kesejahteraan buat orang lain, yang menemukan cara-cara baru untuk menggunakan resources, mengurangi pemborosan dan membuka lapangan kerja yang disenangi oleh masyarakat.
Kewirausahaan itu kesemuanya merupakan proses dinamik untuk menciptakan tambahan kemak-muran.
2.4. Berapa Macam Tipe  Wirausaha.
Menurut Perilaku Wirausaha maka dapat dikemukakan tiga macam tipe Perilaku Wirausaha.
  1. Wirausaha yang memiliki inisiatif
  2. Wirausaha yang mengorganisir mekanisme sosial dan ekonomi untuk menghasilkan sesuatu
  3. Yang menerima resiko atau kegagalan
Tiga macam Tipe Pokok Wirausaha menurut Raymond Kao  yaitu
  1. Wirausaha Ahli (Craftman) atau seorang penemu, memiliki idée yang ingin dikembangkan baik dalam proses produksi maupun sistim produksi, mereka cenderung bergerak dalam bidang penelitian, membuat model percobaan laboratorium dan sebagainya. Kemudian memutuskan untuk keluar sebagai pegawai dan memulai bisnisnya sendiri. Contoh: tukang --->perusahaan  konstruksi, sopir -- ->perusahaan pengangkutan; dokter ---->klinik.  Sebagian besar wirausaha berasal dari tipe ini.
  2. The Promoter adalah seorang individu yang tadinya bekerja sebagai seles/marketing yang kemudian mengembangkan perusahaan sendiri
  3. General Manager adalah seorang individu yang bekerja dalam perusahaan sebagai general manager, dia mengusai keahlian produksi, pemasaran,  permodalan dan pengawasan. Kemudian dia mulai merintais suatu perusahaan sendiri.
Menurut Justin G. Longenecker dkk membagi Wirausaha menjadi tiga kategori:
  1. Founder (Pendiri perusa-haan/wirausaha murni): bisa investor pemula atau artisan yang kemudian mengem-bangkan keahliannya dan kemudian memulai perusahaan sendiri dia membuat perusa-haan itu menjadi hidup
  2. General Manager : Setelah perusahaan berdiri, generasi kedua atau wirausahawan lain yang kemudian bertindak menjadi administrator bisnis/ general manager yang menge-palai operasi perusahaan dalam menjalankan usahanya.
  3. Franchise: seorang wirausaha yang kekuasaannya dibatasi oleh hubungan kontrak kerja dengan organisasi pemberi franchise

Menurut  Norman R. Smith memba-gi wirausaha menjadi dua:
  1. Wirausaha Artisan : seseorang yang memulai bisnisnya dengan keahlian teknis sebagai modal utama dan sedikit pengetahuan bisnis. Contoh seorang mekanik ---> perusahaan bubut/bengkel/karoseri; ahli kecantikan ---> rumah kecantikan
  2. Wirausaha Oportunistis : seorang yang memulai suatu bisnis dengan manajemen yang rumit dan pengetahuan teknis contohnya seorang kontraktor
Tim Wirausaha  adalah dua orang atau lebih yang bekerja sama melaksanakan fungsi dalam kapasitasnya sebagai wirausaha. Misalnya seorang ahli manufaktur digabungkan dengan seorang ahli pemasaran


Tingkat Kebebasan Tinggi

·        Solo Independent Entrepreneur

·        Partenership
·        Management Team
·        Group of Independent Firms (e.g Buying Group)

·        Distributors
·        Joint Venture Entrepreneur
·        Franchise Entrepreneurs

·        Acquired Entrepreneurs

·        Conglomerate Entrepreneurs
·        Division Manager – Large Corporation

·        Profit Centre Manager – Large Corporation

·        Cost Centre manager – Large Corporation

·        Large Corporation Manager  
                                                                                                  
Tingkat kebebasan rendah                                                  
                                                                              

                    
Gambar 2.1.
Tingkat Kebebasan
Sumber: Raymond Kao Russel Knight 1987:14


  
2.5.      Macam-macam Profil Wira-usaha.
Menurut Zimmerer & Scarborough (1996:9)
  1. Women Entrepreneur
Wanita yang bekerja dalam usaha bisnis, ingin memper-lihatkan  kemampuan presta-sainya,ingin membantu rumah tangga, frustasi pada pekerjaan yang dulu
  1. Minority Entrepreneur
Kaum minoritas kurang memi-liki kesempatan kerja di lapangan pemerintah oleh sebab itu kemudian usaha dalam bisnis. Begitu juga para perantau.
  1. Immigrant Entrepreneurs
Kaum pendatang sulit memperoleh pekerjaan formal, maka mereka terjun keperkerjaan bersifat non formal, mulai berdagang
  1. Part Time Entrepreneurs
Usaha ini biasanya untuk mengisi waktu lowong, biasanya berupa hobi, kemudian beralih ke usaha bisnis
  1. Home Based Entrepreneurs
Ibu-ibu yang pandai memasak, kue mulai menitipkan ba-rangnya kemudian berusaha dalam bidang catering
  1. Family – Owned Busines
Usaha dimulai lebih dulu oleh bapak, kemudian cabang dike-lola oleh ibu kemudian anak.
  1. Copreneurs
Orang-orang yang ahli dibidang tertentu diangkat menjadi penanggung jawab divisi-divisi bisnis yang sudah ada.

3 komentar:

  1. Informasi yang sangat BERMANFAAT..
    Terima kasih..
    Semoga SUKSES & salam KENAL dari :
    ===============================

    Paket Usaha Ayam Tulang Lunak “GEROBAKAN”
    ~
    ..Bukan SULAP bukan SIHIR
    Asap di GEROBAK, jadi UANG di KANTONG anda..
    ~
    Paket Usaha Ayam Tulang Lunak “GEROBAKAN” merupakan
    paket usaha kuliner yang mudah dijalankan,
    murah & mempunyai tingkat pengembalian modalyang sangat singkat.
    Hanya dengan Rp. 7.500.000,- Anda sudah dapat menjalankan
    BISNIS KULINER yang terbaik saat ini.
    ~
    Anda akan mendapatkan :
    -. Gerobak
    -. Peralatan masak bakar
    -. Peralatan masak goreng
    -. Kompor, tabung gas & regulatornya
    -. Brosur
    -. Spanduk
    -. Poster
    -. Produk Awal Ayam Tulang Lunak
    -. Kaos
    -. Training (Pelatihan) PELAYANAN (khusus mitra dalam Jabodetabek)
    Materi inti :
    ~ Tata cara persiapan pembukaan outlet.
    ~ Tata cara membakar & menggoreng ayam tulang lunak
    ~ Tata cara menyajikan ayam tulang lunak
    ~ Tata cara menyimpan ayam tulang lunak
    ~
    Silakan kunjungi web kami:
    ~
    www.tulanglunakgerobakan.com
    ~
    atau :
    SMS Center: 085781037499
    Telpon & HP : 081318374450 (Telkom)
    08561070103 (Indosat)
    081806396669 (XL)
    021-94946600 (esia)
    021-70264774 (Flexi)
    Kantor: 021-4759274
    PIN BB : 28C97C54
    email : bumi.amrita@ymail.com
    ~
    & dapatkan kemudahan & keterangan lebih lanjut.
    Menu-menu andalan kami adalah :
    1. Ayam Bakar Tulang Lunak
    2. Ayam Goreng Tulang Lunak
    3. Pepes Ayam Tulang Lunak
    4. PepesCeker Tulang Lunak
    5. Bebek Bakar & Goreng
    ~
    Paket Usaha kami berikut menu andalannya telah diliput oleh :
    - Trans TV – Prog Jelang Siang – 28 November 2011 Pk 12.30 WIB
    - ANTV – Program Topik Pagi – 18 Juni 2012 Pk 04.45 WIB -> klik di sini
    dgn URL : http://www.youtube.com/watch?v=WrC1PvqExXc
    ~
    Program Usaha Ayam Tulang Lunak Gerobakan :
    1. Program Dalam Kota
    2. Program Luar Kota ( Program Master Mitra Mandiri)
    Terdiri :
    -. Paket Usaha Standar
    -. Mesin Presto
    -. Training Produksi
    Training Produksi bisa dilakukan di Jakarta atau di tempat mitra.
    Info lebih lanhut bisa dilihat di :
    http://www.tulanglunakgerobakan.com/mfm.html
    ~
    Ingin mencicipi sebelum bermitra ? Silakan order Paket Tester kami yg berisi :
    4 potong ayam tulang lunak (bisa dibakar & digoreng).
    2 pepes ayam tulang lunak
    2 pepes ceker ayam tulang lunak
    2 bebek presto (bisa dibakar & digoreng)
    ~
    Untuk wilayah Jabodetak, kita antar ke tempat calon mitra
    & dan calon mitra bisa langsung diskusi dengan ACCOUNT OFFICER (AO) kami..
    ~
    Tunggu apa lagi langsung silakan order…
    ~
    SUKSES sudah ada di depan mata kita, AYO BER-WIRAUSAHA !
    ~
    ~

    BalasHapus
  2. Kepada sobat semua berita baik untuk anda yang mau pasang iklan kami memberikan harga yang sangat murah, untuk itu sobat semua bisa bergabung juga dengan kami, iklan kami akan menampilkan iklan anda dengan pelayanan terbaik untuk anda semua karena iklan kami memiliki rangking pertama google.com dengan keyword “Promo Iklan Baris” kami tunggu di http://www.promo-iklanbaris.com/

    BalasHapus
  3. Berangkat Bersama Menuju Kesuksesan yang bisa diraih dengan iman yang kuat Kisah Sukses Izin Mampir ya gan

    BalasHapus